Puskesmas Sewon II terletak di Dusun Tarudan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Jarak Puskesmas Sewon II dengan Ibukota Kecamatan kurang lebih 0,5 km, jarak dengan Ibukota Kabupaten kurang lebih 8 km, sedangkan dengan Ibukota Provinsi kurang lebih 3 km. Untuk menjangkau Puskesmas Sewon II relative lebih mudah, karena transportasi dan jalan sudah baik.
Luas wilayah kerja Puskesmas Sewon II kurang lebih 1240 Ha. Wilayah kerja Puskesmas Sewon II meliputi 2 desa, yaitu desa Bangunharjo dan desa Panggungharjo, yang secara keseluruhan terdiri dari 31 dusun. Batas wilayah kerja Puskesmas Sewon II Bantul adalah:
Sebelah utara : Kodya Yogyakarta
Sebelah selatan : Desa Timbulharjo
Sebelah timur : Desa Tamanan Bangunharjo
Sebelah barat : Kepanewon Kasihan

Berdasarkan data dari web Dinas Kependudukan Provinsi DIY (http://kependudukan.jogjaprov.go.id), dilaporkan bahwa jumlah penduduk wilayah Puskesmas Sewon II tahun 2021 sebanyak 54.991 jiwa, dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 27.491 jiwa dan perempuan 27.500 jiwa. Jumlah Kepala Keluarga (KK) wilayah Puskesmas Sewon II sebanyak 18.929 KK.

Sedangkan jumlah penduduk wilayah Puskesmas Sewon II tahun 2021 menurut daerah administratif yaitu di Desa Bangunharjo terdapat 26.420 jiwa dan di Desa Panggungharjo 28.571 jiwa. Kepadatan penduduk di Desa Bangunharjo 3.763/km2 sedangkan di Desa Panggungharjo 4.945/km2. Walaupun wilayah Desa Panggungharjo lebih sempit namun kepadatan penduduknya lebih tinggi dikarenakan di Desa Panggungharjo terdapat kampus (lihat lampiran Tabel 1). Berikut grafik jumlah penduduk dan jumlah rumah tangga di wilayah Puskesmas Sewon II menurut daerah administratif tahun 2021.

Grafik Jumlah Penduduk dan Rumah Tangga

Di Wilayah Puskesmas Sewon II Menurut Daerah Administratif Tahun 2021

 

Piramida Jumlah Penduduk Wilayah Puskesmas Sewon II

Tahun 2021 Per Golongan Umur Per Jenis Kelamin